Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Diskusi Permakultur bersama Sayu Komang Sri Mahayuni dari IDEP Foundation

10 August @ 15:00

Permakultur adalah perpaduan dari PERMAnen AgriKULTUR dan PERMAnen KULTUR.

Permakultur merupakan paduan praktek-praktek tradisional dalam pengelolaan tanah yang diintegrasikan dengan teknologi modern yang sesuai. Istilah permakultur diresmikan pada tahun 70an oleh Bill Mollison dan David Holmgren, dan sekarang telah dipraktekkan di lebih dari 100 negara oleh ribuan lulusan Desain Permakultur.

Desain permakultur mencoba untuk mengintegrasikantanah dan manusia dengan harmonis dalam hal penyediaan makanan, pemukiman enerji, dan kebutuhan material atau non-material secara berkelangsungan. Cara pendekatan ekologi yang holistic untuk desain dan pengembangan komunitas ini, memperhitungkan produksi makanan, struktur teknologi, energi, sumber alam, landscape, flora, fauna, serta susunan sosial ekonomi. Permakultur bisa digunakan untuk daerah pemukiman atau lahan pertanian, baik untuk desain berskala kecil maupun berskala besar. 10 prinsip permakultur bisa digunakan untuk semua proyek. Etika permakultur adalah memelihara bumi, memelihara manusia, dan pembagian yang adil.

Lebih lanjut kita akan membahas mengenai desain permakultur bersama Sayu Komang Sri Mahayuni dari IDEP Foundation. IDEP Foundation merupakan LSM lokal yang berbasis di Bali – Indonesia, didirikan pada tahun 1999, yang mengembangkan dan menyampaikan pelatihan, program-program masyarakat, dan media terkait pengembangan berkelanjutan melalui Permakultur dan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat.

Mari berdiskusi bersama di Taman Belajar Ininnawa, Maros pada hari Jumat, 10 Agustus 2018, pukul 15.00 wita.

*Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman masing-masing serta peralatan sederhana untuk praktik seperti gathul dan cangkul.

Details

Date:
10 August
Time:
15:00
Event Category:

Organizer

Komunitas Ininnawa
Email:
pengurus@komunitasininnawa.org
Website:
https://www.komunitasininnawa.org