Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Workshop Penulisan Menembus Opini Di Media Cetak

30 June @ 13:00 - 22:00

Komunitas Ininnawa adalah konfederasi dari lima organisasi: Katakerja, Penerbit Ininnawa, Sekolah Rakyat Petani Payo-payo, Tanete Institute  dan Active Society Institute (AcSI) yang melakukan kerja-kerja pengorganisasian, penyebaran pengetahuan dan riset-riset dasar di tingkat komunitas.

Beberapa pengalaman dan best practice sudah sangat banyak dan perlu untuk disebarkan kepada khalayak. Misalnya bagaimana posisi desa saat ini di tengah perubahan politik pemerintahan desa pasca pelaksanaan UU Desa. Atau bagaimana kehidupan generasi muda petani di desa-desa. Bagaimana peran kaum muda perkotaan dalam mendukung percepatan perubahan sosial melalui media kreatif dan pengorganisasian anak muda terdidik kota untuk peduli pada isu lingkungan dan sosial di perkotaan dan di desa-desa.

Tidak hanya menuliskan tentang fenomena yang terjadi di desa dan di wilayah urban perkotaan. Isu lintas sektoral  kemiskinan dan pengorganisasian dengan isu tematik seperti keadilan dan kesetaraan gender, produksi pengetahuan, dan gagasan-gagasan yang bersumber dari temuan isu di lapangan juga menarik untuk disebarkan sebagai sebuah gagasan bersama. Misalnya tentang mulai menghilangnya common di banyak desa, dan atau perlunya satu ruang gerakan sosial baru untuk menampung dan menyalurkan gairah perubahan di kalangan anak muda perkotaan; yang memiliki peran-peran baru dalam memperkuat isu kemiskinan dan ketidakadilan.

Salah satu saluran efektif untuk menularkan gagasan tersebut tentu saja melalaui media yang tepat. Saat ini tidak bisa dipungkiri, meskipun web site dan dunia digital sudah bukan barang yang baru, namun media cetak (khususnya Koran) tetap menjadi salah satu rujukan penting terutama ketika gagasan tersebut termuat dalam satu rubrik khusus: Rubrik Opini. Penggunaan rubrik opini di media cetak ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada penulis sekaligus “ujian dasar” kelayakan terkait gagasan atau opini yang hendak di kabarkan. Ada beberapa trik dan pemahaman dasar yang penting atas termuatnya opini atau gagasan di media dengan akurasi redaksional yang ketat.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka penulisan opini di media menjadi salah satu program Khusus Badan Pengurus Ininnawa periode 2018-2019. Kegiatan itu  terdiri dari 3 aktivitas utama, Pertama, Workshop untuk menemukan tema-tema penulisan bersama dengan media cetak, Kedua, Workshop Penulisan, Ketiga, Pendampingan Teknis.

Workshop ini akan diselenggarakan pada:

Hari : Sabtu, 30 Juni 2018
Pukul : 13:00 Wita- Selesai
Tempat : Taman Belajar Ininnawa, Jalan poros Maros-Bantimurung, Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kabupaten Maros.

Details

Date:
30 June
Time:
13:00 - 22:00
Event Category:

Organizer

Komunitas Ininnawa
Email:
pengurus@komunitasininnawa.org
Website:
https://www.komunitasininnawa.org