FEDERASI

 

Penerbit Ininnawa

Salah satu organisai anggota Ininnawa adalah Penerbit Ininnawa. Organisasi ini berfokus pada penerbitan kajian dan hasil penelitian dari organisasi anggota Komunitas Ininnawa dan atau menerbitkan tulisan dan kajian tentang Sulawesi Selatan oleh para peneliti Indonesia dan mancanegara. Beberapa naskah tentang Sulawesi Selatan dari penulis mancanegara telah diterjemahkan dan diterbitkan secara berkala. Selain menerbitkan, menerjemahkan, dan melakukan koleksi naskah-naskah langka tentang Sulawesi Selatan, Penerbit Ininnawa juga melakukan penguatan literasi melalui penelitian dan pembukaan akses terkait  naskah penting Sulawesi Selatan melalui lini Kampung Buku.

Untuklebih jelas terkait dengan seluk beluk penerbit Ininnawa dapat mengunjungi sekertariat  Penerbit yang beralamat di Kompleks BTN CV. Dewi, Jl. Abd Dg Sirua No. 192 E, Pandang, Makassar, Pandang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231.

SRP Payo Payo

Sekolah Rakyat Petani (SRP) Payo-Payo, berkantor di Taman Belajar Ininnawa, Maros. SRP Payo-PAyo memiliki program strategis pengembangan kapasitas pemuda untuk terlibat aktif sebagai pengorganisir desa. Tidak hanya di Sulawesi Selatan, Payo-PAyo juga bekerja di tiga desa di Berau, Kalimantan Timur terkait dengan program peningkatan kapasitas petani yang bersisian dengan sektor perhutanan. Payo-Payo mengembangkan teknik-teknik pengorganisasian berbasis sumber daya  dan data ketika bekerja di desa-desa. Untuk mendukung proses tersebut, Payo-Payo memiliki Laboratorium Pengembangan Masyarakat dan Pemerintahan Desa di Desa Tompobulu dan Desa Soga. Di laboratroium tersebut, para calon pengorganisir dididik dan digembleng menjadi pengorganisir rakyat.  Payo-Payo juga terlibat dalam berbagai rist-riset berbasis sosial di banyak desa di Sulawesi Selatan terkait dengan tema-tema pertanian, kebencanaan, dan resiliensce, commons dan regenerasi petani muda di Sulawesi Selatan.

Untuk lebih jelasnya, dapat berkujung ke sekretaritat Payo-Payo yang beralamat di Taman Belajar Ininnawa, Jalan Poros Maros Soppeng Belakang Perumahan Griya Wisata Bantimurung, Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Active Society Inistitute (AcSI)

Salah satu organisasi anggota Komunitas Ininnawa yang bergerak pada penyelenggaran Pendidikan dan Pelatihan adalah AcSI. Acsi juga dapat melakukan pelayanan bagi organisasi atau individu, di luar organisasi yang berminat untuk melakukan pelatihan penelitian ataupun pelatihan-pelatihan berbasis riset di komunitas.  Untuk menjalankan aktivitasnya AcSI telah mengembangkan berbagai ragam modul pelatihan dan pendidikan yang menjadi bahan utama bagi proses pelatihan dan pendidikan, serta membantu dalam merancang model dan proses pelatihan yang dibutuhkan. AcSI didukung oleh tenaga pendidik dan pelatih yang cukup mumpuni di bidangnya yang kaya dengan pengalaman praktis dan teoritis. Isu dan bidang yang menjadi fokus pendidikan AcSI adalah Bidang Penelitian Desa, Bidang Penelitian Anak muda, dan Bidang Pelatihan Pengorganir Desa.

Untuk Lebih jelas terkait bidang dan pelayanan AcSI dapat berkunjung di Sekretariat AcSI di Taman Belajar Ininnawa, Jalan Poros Maros Soppeng Belakang Perumahan Griya Wisata Bantimurung, Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

TANI

Tanete Institute (TANI) merupakan salah satu organisasi anggota Komunitas Ininnawa. Tanete Institute mengelola Laboratorium Pengembangan Agensi Hayati (mikrobiologi). Selain melakukan riset dan pengembangan agensi hayati, TANI juga menangkarkan benih padi lokal dari berbagai tempat di Indonesia. TANI bersama para petani dan anak muda di Desa Kambuno mengembangkan teknologi pertanian ramah lingkungan, pengembangan teknologi biogas, dan peternakan komunitas. Sebagai tempat belajar dan sekolah lapang, TANI dilengkapi dengan satu unit gedung laboratorium beserta peralatan, sawah praktek, kandang ternak praktek, dan penginapan bagi para petani yang hendak menginap.

Untuk lebih jelasnya dapat berkunjung langsung ke sekretaritat TANI di Dusun Barugae, Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumba, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Katakerja

Katakerja adalah organisasi anggota Komunitas Ininnawa yang bergerak dalam bidang kampanye literasi. Literasi adalah salah satu kata termuda dalam Bahasa Indonesia. Kata yang selama ini bermakna “aksara” tersebut baru masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V tahun 2016 dengan makna yang lebih luas. Sesuatu yang telah dikampanyekan pada deklarasi Hari Literasi Internasional setengah abad sebelumnya. Peyorasi yang telah berlangsung lama ditambah kutipan dari survey literasi dari UNESCO kemudian berpengaruh besar terhadap persoalan literasi yang kini seringkali disederhanakan sebagai persoalan “minat baca.”

Katakerja sebagai komunitas literasi lalu hadir untuk meluaskan penyederhanaan persoalan tersebut dengan melakukan hal-hal sebagai berikut: Pertama, membuka perpustakaan yang semudah mungkin diakses oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Sebab, katakerja percaya bahwa bukan minat baca yang rendah, namun akses masyarakat terhadap buku yang kurang. Kedua, menyikapi pemaknaan literasi secara luas, katakerja tak sekadar bergelut di persoalan buku dan bacaan, namun juga melakukan kegiatan-kegiatan literasi di bidang lain seperti musik, film, maupun kajian-kajian kebudayaan lainnya. Ketiga, katakerja percaya bahwa yang paling penting dari segala kegiatan adalah manusia dan kemanusiaan di berbagai kegiatan tersebut.

Sila kunjungi perpustakaan katakerja di BTN Wesabbe C64 Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan 90245.