Hal-Hal yang Kami Perjuangkan

Kami menyadari
dan meyakini,

bahwa ketidakadilan merupakan inti atau akar semua permasalahan kemasyarakatan yang terjadi kapan pun dan dimana pun sepanjang sejarah peradaban manusia. Kemiskinan yang terjadi disebabkan ketidakadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat baik di bidang pendidikan, ekonomi, hukum, politik dan sosial-budaya;

Bahwa tatanan  masyarakat yang terbangun hingga sekarang merupakan tatanan yang tidak adil yang melahirkan berbagai ketimpangan ekonomi, politik, dan sosial budaya sehingga menyebabkan terjadinya kemiskinan struktural. Akibatnya, sebagian orang menjadi semakin sejahtera, memiliki akses yang besar terhadap berbagai sumber daya; punya kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengekspresikan diri dan dapat menentukan proses pengambilan keputusan yang berpengaruh bagi masyarakat luas.

Sebaliknya, sebagian besar rakyat tidak berdaya, tersisih dan hanya menjadi obyek bahkan menjadi korban pembangunan belaka;

Karenanya, segala usaha dan cita-cita untuk menghapuskan semua jenis dan bentuk ketidakadilan yang terjadi pada semua tingkatan dengan memberdayakan dan membalikkan keterbawahan dan ketersisihan kelompok-kelompok masyarakat tersebut, akan lebih mampu memberikan sumbangan yang lebih besar bagi terwujudnya tatanan sosial-ekonomi, politik, dan budaya yang lebih adil di masa depan, sehingga mereka pun mampu memberikan sumbangsih bagi kemajuan peradaban dan kemanusiaan pada umumnya.

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut

perlu dilakukan transformasi sosial melalui upaya‑upaya sistematik, di tingkat mikro dan makro, dalam berbagai bidang kehidupan. Cita-cita itu dan hanya mungkin menjadi kenyataan apabila nilai-nilai dasar yang dianut berikut ini dan menjadi pegangan dalam proses perwujudannya.

Nilai-nilai dasar dimaksud adalah

Pluralisme
keyakinan bahwa perbedaan dan keragaman adalah suatu kekuatan.
Non Diskriminatif
sikap dan prilaku yang tidak membedakan siapapun atas dasar preferensi apapun.
Hak Asasi Manusia
mengakui dan menjunjung tinggi serta berusaha menerapkan semua hak-hak dasar dan semula jadi setiap orang seperti yang telah disepakati masyarakat dunia.
Demokrasi
mengakui dan menjunjung tinggi serta berusaha terus-menerus menerapkan semua prinsip partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas.
Kesetiakawanan dan Kesetaraan
berusaha membangun hubungan-hubungan dan kerjasama dengan semua pihak atas dasar kesamaan keprihatinan dan kedudukan yang setara.
Kekeluargaan
berusaha menyelesaikan setiap persoalan baik secara internal maupun eksternal dengan prinsip-prinsip kekeluargaan.
Keadilan Sosial Jender
berusaha mewujudkan keadilan dalam hubungan-hubungan jender dalam lingkungan sendiri dan di tengah masyarakat.
Keberlanjutan Sumberdaya dan Lingkungan Kehidupan
berusaha mewujudkan tercapainya keseimbangan dan kelestarian sumberdaya dan lingkungan kehidupan sekitar.
Kearifan Lokal

Menghormati dan berusaha mengembangkan sistem-sistem pengetahuan dan pranata kemasyarakatan lokal yang telah terbukti dan teruji selama ini memang sesuai dan mendukung semua nilai-nilai tersebut di atas ke arah kemajuan peradaban dan kemanusiaan.

Kesejahteraan Anggota Komunitas

mengupayakan terjaminnya keberlangsungan hidup anggota secara ekonomi, politik dan budaya.

Komunitas ININNAWA, melakukan kerja-kerja;

Pengorganisasian Rakyat
Pengaderan
Pendidikan dan Pelatihan
Penelitian dan Kajian
Penguatan koordinasi dalam lingkaran Komunitas ININNAWA dan pengembangan jaringan dengan berbagai pihak di luar Komunitas ININNAWA.

Karena itu, Komunitas ININNAWA

D

merupakan wahana pembelajaran dan pengembangan bersama yang terus saling mendukung, sehingga upaya perwujudan cita-cita yang dijalankannya akan menjadi lebih berdaya dan tepat guna. Komunitas ININNAWA meyakini hanya dengan terus menerus menggulirkan dan mengembangan wacana, strategi dan kerja-kerja transformasi sosial cita-cita tersebut di atas dapat terwujud.